Sabtu, 18 Agustus 2018

5 Khasiat Pisang Untuk Asam Lambung

Penyakit asam lambung atau yang dikenal juga sebagai Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah sebuah kondisi yang memiliki gejala berupa nyeri di ulu hati dan rasa terbakar di dada. Hal ini disebabkan karena asam lambung yang naik menuju esofagus atau kerongkongan, atau saluran yang menghubungkan mulut dengan lambung. Penyakit ini termasuk penyakit yang umum terjadi di masyarakat.

Hal yang menyebabkan terjadinya asam lambung yang naik adalah karena tidak berfungsinya bagian lower esophageal sphinchter (LES). Bagian ini adalah lingkaran otot yang terletak di bagian bawah esofagus dan berperan sebagai pintu otomatis yang akan terbuka ketika ada makanan ataupun minuman yang turun ke lambung. Setelah makanan masuk, LES seharusnya akan menutup agar tidak ada makanan atau minuman yang naik lagi ke esofagus. Jika tidak, maka terjadinya penyakit asam lambung.

Kemudian, jika asam lambung naik, maka bagian asam bisa mencapai kerongkongan dan bisa memperburuk kesehatan, misalnya cara menghilangkan sesak nafas karena asam lambung. Penyakit asam lambung bisa menyebabkan dua kondisi, yaitu (1) Penyakit maag; dan (2) Tukak lambung.

Biasanya, masyarakat akan mengonsumsi obat antasida apabila terserang asam lambung naik. Akan tetapi, jika dilihat dari pengobatan alaminya, terdapat buah-buahan yang berfungsi untuk menurunkan asam lambung, salah satunya adalah pisang. Pisang merupakan salah satu cemilan untuk penderita asam lambung sekaligus buah yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia, seperti khasiat pisang untuk asam lambung.

Berikut ini dibahas mengenai khasiat pisang untuk asam lambung.

  1. Khasiat pisang berikutnya adalah pisang bisa menetralkan asam lambung.
  2. Pisang juga bisa melapisi bagian dinding perut dan organ pencernaan lainnya sehingga bisa menghindari iritasi akibat asam lambung yang naik. Hal ini disebabkan karena pisang mengandung fitonutrien.
  3. Pisang bisa mencegah produksi asam lambung yang berlebihan.
  4. Khasiat pisang sayuran untuk asam lambung adalah mengonsumsi pisang tidak akan menyebabkan iritasi usus ataupun kerusakan usus pada orang yang memiliki penyakit maag atau asam lambung. Hal ini disebabkan karena tekstur pisang yang lembut sehingga tidak berisiko melukai lambung.
  5. Kandungan kalium dalam pisang bisa membantu menyeimbangkan kadar pH di dalam lambung.

Selain untuk penyakit asam lambung, secara umum, pisang juga memiliki manfaat makanan untuk penderita lambung bengkak kesehatan sistem pencernaan manusia, seperti:

  • Pisang bisa membantu membunuh bakteri-bakteri yang menyebabkan terjadinya radang perut.
  • Kandungan serat di dalam buah pisang membantu meningkatkan proses pencernaan.
  • Pisang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena kandungan vitamin B6 sekaligus juga mengatur sistem usus.
  • Buah pisang bisa membantu tubuh menyerap sari-sari dan nutrisi dari makanan karena kandungan gula kompleks dalam pisang merupakan prebiotik yang bisa mendorong perkembangbiakkan bakteri baik di usus.
  • Kandungan asam lemak dalam buah pisang juga bisa membantu menjaga sel usus manusia tetap berfungsi dengan baik sehingga membantu penyerapan nutrisi secara maksimal.
Beberapa cara dapat dilakukan untuk mendapatkan khasiat pisang untuk asam lambung, misalnya:

  1. Cara yang paling mudah adalah dengan mengonsumsi buah pisang secara langsung. Dalam waktu kurang lebih 20-30 menit, gangguan penyakit asam lambung dan kecemasan akan berangsur membaik.
  2. Untuk penderita penyakit usus atau kolik yang diakibatkan oleh asam lambung, pisang bisa dikonsumsi dengan dicampurkan dengan segelas susu cair.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Susu Kunyit Untuk Asam Lambung

Tahukah kamu kalau kunyit adalah obat alami untuk tukak lambung? Yup, kandungan kunyit bisa menutup dan menyembuhkan luka dalam lambung. Kar...