Senin, 20 Agustus 2018

Manfaat Mengunyah Permen Karet Bagi Penderita asam Lambung

Asam lambung tinggi menjadi masalah untuk sebagian besar orang. Banyak cara yang dilakukan demi untuk meminimalisir terjadinya peningkatan asam lambung.

Tapi, tahukah Anda, jika ada satu cara mudah dan menyenangkan yang dapat membantu Anda meredakan asam lambung tinggi? Ya, betul sekali! Dengan mengunyah permen karet.


Selama ini, permen karet yang digemari semua kalangan ini dikenal sebagai salah satu penyumbang kerusakan pada gigi. Padahal, di balik itu, terdapat beberapa manfaat yang cukup baik untuk kesehatan, termasuk salah satunya untuk meredakan asam lambung tinggi.

Inilah Manfaat Permen Karet Untuk Asam Lambung

Dilansir dari sebuah situs kesehatan dari laman Livestrong, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Todd Eisner, M.D, Gastroentologis dari Delray Beach, mengatakan, jika mengunyah permen karet bisa memberikan efek positif bagi penderita asam lambung. Mengunyah permen karet bisa meningkatkan produksi saliva (air liur) dan frekuensi menelan.

Penelitian lainnya dilakukan oleh Rebecca Moazzez dan tim dari King’s College London yang diterbitkan dalam Journal of Dental Research pada November 2005 lalu.

Sama halnya dengan Eisner, Rebecca juga mengatakan, jika produksi air liur yang meningkat dapat membantu kita menelan lebih sering. Hal ini juga yang membantu mencegah terjadinya refluks asam lambung ke esofagus.

Karena, setiap kali Anda menelan, maka akan terjadi kontraksi yang membuat asam semakin menurun


Jenis Permen Karet Yang Baik Untuk Penderita Asam Lambung

Manfaat Permen Karet Untuk Asam LambungManfaat Permen Karet Untuk Asam Lambung – Permen mint dengan kandungan xylitol di dalamnya lebih dianjurkan untuk penderita asam lambung ketimbang permen karet lainnya yang bisa kita dapatkan dengan mudah di warung-warung. Memang, harganya sedikit lebih mahal.

Dr John Mason, konsultan gastroenterologist at Central Manchester University Hospitals mengatakan, bahwa air liur orang yang mengunyah permen karet dengan xylitol akan bersifat basa yang kemudian mampu menetralisir asam.

Selain permen karet dengan xylitol, jenis permen karet lainnya yang direkomendasikan bagi pendeirta asam lambung adalah permenkaret bikarbonat rendah gula.

UC Davies Health System memuat sebuah studi yang dilakukan oleh B.R. Smoak di Wake Forest University. Studi tersebut mengungkap jika mengunyah permen karet bikarbonat rendah gula menghasilkan saliva lebih bersifat alkalin dan membantu mencegah asam lambung.

Meskipun Anda bisa mendapatkan manfaat dari mengunyah permen karet untuk asam lambung, Anda harus tahu, bahwa permen karet ini tidak bersifat menyembuhkan. Tapi, hanya bersifat membantu meredakan saja.

Di samping itu, Anda sebaiknya tidak mengunyah permen karet lebih dari 30 menit, dan tidak lebih dari 2-3 kali dalam satu hari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Susu Kunyit Untuk Asam Lambung

Tahukah kamu kalau kunyit adalah obat alami untuk tukak lambung? Yup, kandungan kunyit bisa menutup dan menyembuhkan luka dalam lambung. Kar...