Kamis, 23 Agustus 2018

Cara Mencegah Asam Lambung Pada Anak

Kondisi naiknya asam lambung pada anak akan membuatnya merasa tidak nyaman akibat rasa sakit dan perih pada lambung. Kebanyakan penyakit asam lambung yang terjadi pada anak disebabkan akibat naiknya makanan dari lambung kembali ke kerongkongan. Otot pembatas antara lambung dan kerongkongan yang belum terbentuk sempurna ada penyebab utamanya. Nah, untuk mencegah hal ini terjadi, kamu wajib menyimak beberapa tips cegah asam lambung pada anak dan balita berikut ini!

1. Menyesuaikan Posisi Tidur

Anak dan balita yang memiliki penyakit asam lambung akan sulit saat akan tidur. Hal ini disebabkan posisi tidur yang salah akan membuatnya semakin merasa tidak nyaman sehingga membuat rewel. Memperhatikan posisi tidur pada anak adalah hal yang penting. Misalnya dengan mengangkat kepalanya menjadi lebih tinggi dari badannya. Cara ini penting untuk mencegah isi lambung kembali naik ke kerongkongan.


2. Pijat Anak


Selain memperhatikan posisi tidur, kamu juga dapat melakukan perawatan dengan memijat bayi untuk membantu memperlancar proses pernafasan dan pencernaan pada anak dan balita. Berikut ini adalah langkah pemijatan yang dapat kamu lakukan di rumah :

3. Posisikan anak dengan posisi terbaring telentang.


Oleskan minyak zaitun hangat sedikit pada perut bayi.
Pijat perut bayi dengan sangat lembut dengan gerakan memutar searah dengan jarum jam selama 3 menit.
Lalu, posisikan anak tengkuap dan pijat bagian punggung dengan gerakan memutar searah jarum jam secara lembut selama 2 menit.
Ulangi 2 hingga 3 kali sehari. Hindari lakukan pemijatan saat anak baru selesai makan atau menyusu.


4. Cuka Sari Apel

Selain itu, kamu juga dapat memberikan cuka sari apel pada anak yang memiliki masalah asam lambung. Campuran ini sangat bermanfaat untuk menetralkan kadar asam lambung sehingga makanan akan lebih mudah untuk dicerna dan dapat mencegah muntah. Berikut ini adalah cara memberikan cuka sari apel pada

Siapkan ¼ sdt cuka sari apel murni tanpa filter.
Campurkan dengan segelas air hangat.
Berikan beberapa 1-2 sendok makan pada anak.
Jika bayi sudah berusia lebih dari 1 tahun, kamu dapat menambahkan beberapa bahan lain seperti madu untuk memberi rasa dan menambah nutrisi untuk anak.


5. Minyak Kelapa

Terakhir, pemberian minyak kelapa juga dapat mengurangi peradangan lambung akibat asam. Hal ini disebabkan sifat anti-inflamasi pada minyak kelapa dapat membantu meminimalisir terjadinya peradangan akibat naiknya asam lambung menuju kerongkongan. Selain itu, minyak kelapa juga dapat melumasi dinding organ pencernaan agar dapat berfungsi lebih efektif. Nah, berikut ini adalah cara memberikan campuran minyak kelapa pada anak :

Gunakan sebagai campuran makanan. Anak dan balita dapat mengonsumsi minyak kelapa dengan dicampur dengan air hangat atau campuran sereal kesukaan mereka.
Melalui ASI. Untuk bayi dan balita, ibu dapat mengonsumsi langsung minyak kelapa untuk membuat ASI-nya lebih bernutrisi dan diserap oleh bayi.
Dioleskan pada perut. Terakhir, kamu juga dapat menggunakan minyak kelapa sebagai bahan untuk pemijatan bayi.



Jika asam lambung tidak kunjung mereda, segera konsultasikan kondisi anakmu pada dokter terdekat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Susu Kunyit Untuk Asam Lambung

Tahukah kamu kalau kunyit adalah obat alami untuk tukak lambung? Yup, kandungan kunyit bisa menutup dan menyembuhkan luka dalam lambung. Kar...