Selasa, 14 Agustus 2018

Penyebab Kram Perut Saat Hamil Yang Harus Diwaspadai

Kram perut saat hamil muda, cukup sering dialami wanita hamil. Penyebabnya juga bervariasi, mulai dari perubahan hormonal, pembesaran rahim atau peregangan ligamen di perut. Namun, kondisi tertentu harus diperhitungkan, karena ini mungkin merupakan tanda kondisi serius seperti keguguran atau kehamilan ektopik.

Selama kehamilan, rahim akan terus berkembang, menyebabkan ligamen dan otot yang menopang rahim menjadi tegang, mengakibatkan kram perut saat hamil muda. Jika ini yang Anda alami, Anda tidak perlu khawatir, karena kram perut selama kehamilan umumnya merupakan situasi normal.

Penyebab kram perut selama kehamilan muda agak beragam. Dalam keadaan normal kram perut biasanya disebabkan oleh:

=> Perubahan hormonal
Selama kehamilan hormon progesteron meningkat. Hal ini juga mempengaruhi penurunan kerja di saluran cerna. Saat ibu hamil mengonsumsi makanan tertentu, makanan ini akan perlahan diproses di saluran cerna. Inilah yang pada akhirnya menyebabkan sembelit pada ibu hamil dan menyebabkan kram perut.

=> Meningkatkan lingkar uterus
Rahim yang tumbuh akan meregangkan dinding perut dan menyebabkan perubahan pada posisi usus. Inilah yang bisa menyebabkan kram perut, perasaan cepat atau bahkan mual.

=> Peregangan ligamen
Nyeri ligamen dapat menyebabkan kram perut saat Anda hamil, terutama saat hamil, dan memasuki trimester kedua. Hal ini bisa terjadi karena ligamen harus mendukung rahim yang mulai tumbuh dan menjadi lebih tebal saat janin berkembang.
Nyeri tajam dan menusuk, terutama saat ibu hamil tiba-tiba mengubah posisi tidur, keluar dari bak mandi atau menyebabkan batuk sakit ligamen.
Selain dua hal ini, hal-hal umum lainnya yang juga bisa menyebabkan kram perut saat hamil masih muda, yaitu saat atau setelah melakukan hubungan seksual dan mengalami orgasme.


Gangguan kram perut yang harus diwaspadai

Mengenai kondisi lain yang mungkin menjadi pertanda kondisi serius, yang juga bisa menyebabkan kram perut saat hamil, adalah:

=> keguguran
Keguguran pada awal kehamilan sangat umum terjadi. Setidaknya satu dari lima kehamilan mengalami keguguran di awal kehamilan karena janin tidak berkembang dengan baik. Jika Anda mengalami kram perut saat hamil muda, disertai dengan perdarahan atau pewarnaan selama beberapa hari, ini bisa menjadi tanda keguguran. Konsultasikan dengan dokter segera untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

=> Kehamilan ektopik
Kehamilan ektopik bisa menjadi penyebab kram perut saat hamil muda dan biasanya nyeri terasa nyeri. Kehamilan ektopik atau kehamilan di luar rahim terjadi melalui pembuahan telur di luar rahim. Selain kram perut, gejala lain yang bisa dialami wanita hamil yang memiliki kehamilan ektopik adalah munculnya rasa sakit di rongga perut, pendarahan dari vagina, pusing dan kelemahan, nyeri bahu, bahkan tanda syok akibat kebutuhan perdarahan. Segera konsultasikan dengan dokter Anda.

Cara mengatasi kram perut saat hamil muda


  • Bila Anda menderita kram perut selama kehamilan muda, Anda bisa mengurangi rasa sakit dengan duduk dan beristirahat.
  • Jika kram merupakan hasil sembelit, disarankan mengkonsumsi banyak air dan makanan yang kaya serat. Jika dengan cara ini sembelit tak bisa diatasi, berkonsultasilah dengan dokter. Dokter dapat memberikan pelunak tinja atau suplemen serat untuk mengatasi kondisi tersebut.
  • Jika kram perut disebabkan oleh nyeri ligamen, cobalah berbaring miring di sisi lain perut yang sakit. Selain itu, usahakan menenangkan rasa sakit, mandi hangat atau kompres kram perut dengan sebotol air hangat.
  • Buat diri Anda nyaman bergerak perlahan, seperti saat bangun dari posisi duduk, bisa juga mengurangi risiko kram perut saat hamil. Latihan yang bisa membantu meringankan kram perut adalah yoga. Olahraga ini sangat cocok untuk dilakukan setelah tiga bulan hamil.
  • Jika metode ini sudah diterapkan dan kram perut masih terasa saat masih anak muda sedang dirawat, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Karena itu, hanya kram perut, yang terjadi karena keadaan tertentu yang parah dan bisa segera diatasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Susu Kunyit Untuk Asam Lambung

Tahukah kamu kalau kunyit adalah obat alami untuk tukak lambung? Yup, kandungan kunyit bisa menutup dan menyembuhkan luka dalam lambung. Kar...