Kamis, 16 Agustus 2018

6 Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kiri

Ketika mengalami nyeri dada, terkadang rasanya mengerikan. Kita langsung berpikir yang bukan-bukan. Memang nyeri dada sebelah kiri sering dikaitkan dengan dengan serangan jantung, sehingga Anda juga tidak bisa menganggap remeh sakit ini. Penting bagi Anda untuk mengevaluasi gejala lainnya, untuk mengetahui apakah sakit tersebut membutuhkan perawatan medis khusus atau tidak. Jika memang sakit ini disebabkan oleh masalah jantung, Anda akan memerlukan perawatan secepatnya, namun ada penyebab lain yang tidak membutuhkan perawatan. Mengetahui tanda-tanda yang menyebabkan sakit dada dapat membantu Anda untuk memperkecil kemungkinan terhadap situasi yang mengancam nyawa.


Apa saja yang menyebabkan nyeri dada sebelah kiri?



Nyeri dada sebelah kiri dapat disebabkan oleh beberapa penyakit, seperti:

1. Sakit jantung

Sakit jantung dapat disebabkan oleh angina, yang menyebabkan aliran darah normal terbatas karena kondisi arteri yang buruk. Darah pun menjadi sulit mengalir, Anda akan merasa sesak atau nyeri seperti ditusuk, contohnya kram otot pada bagian tubuh kiri. Anda mungkin sering menjumpai hal seperti ini ketika Anda selesai melakukan aktivitas fisik yang memiliki efek berupa detak jantung berdegup kencang.

Salah satu ciri umum serangan jantung adalah nyeri dada sebelah kiri. Nyeri dada ini dapat dideskripsikan seperti adanya tekanan, remasan, atau rasa sesak di dalam rongga dada. Bahkan pada beberapa kasus, penderita juga dapat merasakan sensasi panas dan nyeri pada bagian sebelah kiri. Lengan kiri juga akan menjadi kaku, nyeri, sensasi seperti ditusuk-tusuk atau sensasi lainnya, dan gejala ini juga bisa berpindah pada lengan kanan. Lengan Anda juga akan merasa lemah, pegal atau tiba-tiba merasa lebih berat dari keadaan normalnya.

Jika Anda terkena serangan jantung, Anda akan tiba-tiba merasa sesak napas. Beberapa pasien juga mengalami keringat dingin sebelum akhirnya mengalami serangan jantung. Nyeri pada dada Anda juga bisa berpindah ke punggung Anda. Namun, tidak semua penderita mengalami gejala ini. Jika Anda mengalami rasa tidak nyaman ini, Anda harus segera menghubungi tim medis Anda.

2. Stres

Ketika Anda stres, mungkin Anda akan merasakan nyeri pada dada, di mana nyeri tersebut seringnya diidentifikasikan pada bagian sebelah kiri. Sama dengan sakit jantung, Anda juga dapat merasakan sesak di dada dan akan semakin memburuk selama periode stres. Gaya hidup juga dapat membuat tekanan pada jantung Anda, sehingga arteri mengencang dan nyeri dada sebelah kiri pun terjadi. Diabetes, obesitas, atau mengonsumsi alkohol dan tembakau berlebihan juga dapat memicu risiko nyeri dada sebelah kiri. Jika Anda tidak melakukan pengecekan dan mengobatinya, masalah ini akan menjadi masalah jantung yang parah, seperti serangan jantung.

3. Pemasalahan usus

Terkadang permasalahan pada usus juga dapat menyebabkan nyeri dada. Gas berlebih menekan melalui usus menyebabkan nyeri pada dada sebelah kiri. Mulas dan panas lambung juga dapat menyebabkan nyeri dada ketika gejala kambuh.

4. Luka fisik

Luka fisik juga dapat menyebabkan nyeri atau rasa tak nyaman pada bagian tubuh kiri. Hal ini disebabkan otot menegang. Saraf terjepit juga dapat menyebabkan nyeri pada bagian kiri, lama-lama akan menjadi berat. Selain itu, sarat terjepit juga dapat membuat Anda mati rasa atau desensitisasi pada lengan yang mana bisa memanipulasi kita, sehingga kita menyangka gejala tersebut merupakan sakit jantung.

5. Kerusakan otot

Nyeri dada di bagian kiri atas setelah olahraga dapat disebabkan kerusakan otot dada Anda. Tegang atau robeknya serat otot dapat menyebabkan rasa sakit dan menimbulkan bengkak di atas dan sekitar dada. Anda bisa mendiagnosis kondisi ini dengan menggunakan ultrasound, atau pemeriksaan MRI dan fisik.

6. Kerusakan tulang

Kerusakan struktur tulang rangka juga dapat menyebabkan nyeri di atas dada atau payudara. Latihan berat dapat mengakibatkan patah tulang rusuk atau leher. Tulang yang rapuh juga dapat diakibatkan oleh latihan aktivitas fisik berat. Kerusakan tulang dapat didiagnosis dengan menggunakan X-ray. Pengobatan yang dilakukan bisa berupa operasi dan melumpuhkan area yang rusak.

Apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi nyeri dada sebelah kiri?

Berikut ini adalah hal yang bisa Anda lakukan:


  • Anda harus mengunjungi dokter, jika rasa nyeri dari gejala sakit jantung terasa seperti sesak dibandingkan dengan seperti nyeri tertusuk.
  • Anda bisa berbaring di tempat tidur dan mengambil napas pendek-pendek hingga napas Anda menjadi tenang. Minumlah segelas air, jika itu membuat Anda tenang.
  • Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Anda bisa melakukan diet sehat, berhenti meminum alkohol, dan melakukan olahraga rutin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Susu Kunyit Untuk Asam Lambung

Tahukah kamu kalau kunyit adalah obat alami untuk tukak lambung? Yup, kandungan kunyit bisa menutup dan menyembuhkan luka dalam lambung. Kar...