Senin, 20 Agustus 2018

Cara Buat Minuman Jahe dan Dosis Pas Untuk Asam Lambung

Jahe adalah akar dengan rasa yang tajam menyengat namun khasiatnya dapat digunakan untuk mengobati mual dan muntah. Anda bisa mendapatkan manfaat dari air jahe untuk mengatasi asam lambung, tapi Anda harus tahu benar mengenai cara buat minuman jahe dan dosis pas untuk asam lambung karena jika salah dalam meracik atau dosis yang berlebih, itu dapat merusak kondisi semakin buruk.

Perlu Anda ketahui bahwa jahe merupakan bahan alami yang dikenal sebagai obat pembunuh ngantuk, jadi sebaiknya Anda hindari mengonsumsi jahe jika dalam waktu dekat Anda akan tidur.

Berikut adalah beberapa cara untuk mengolah jahe,


  • Cara manual

Kupas kulit jahe dan Potong dengan ketebalan sekitar 1/4 inci. Masukkan irisan jahe dan tempatkan dalam panci kecil, tambahkan air seperti yang diperlukan dan masak sampai mendidih. Saring air jahe ke dalam gelas. Anda bisa menambahkan 4 sdm madu dan aduk kemudian tutup dengan selembar tisu. Biarkan sampai dingin.

  • Dengan juicer

Bilas jahe hingga, cincang kasar, kemudian haluskan dengan juicer. Jika kulit jahe tersebut lembut dan halus, Anda tidak perlu mengupas kulit jahe. Masukkan juice jahe kedalam 1 cangkir air panas dan kemudian saring. Tuangkan 2,5 sdm madu dan aduk.

  • Instan jahe

Untuk menggunakan instan jahe, tuangkan 2 sendok teh jahe ke dalam cangkir atau gelas dan aduk. Tambahkan 2 sendok makan gula dan aduk lagi. Lebih nikmat bila disajikan dingin dengan bongkahan es.

  • Teh jahe

Tempatkan satu kantong teh jahe ke dalam cangkir. Rebus 1 cangkir air sampai mendidih dan kemudian tuang ke dalam cangkir teh. Biarkan selama sekitar 15 menit. Buang kantong teh jadi tadi dan tambahkan gula secukupnya, aduk dan dinginkan. Anda juga dapat mengonsumsinya dengan potongan es dan daun Mint.


Dosis jahe

Jahe umumnya dianggap aman jika dikonsumsi dalam jumlah kecil, atau kira-kira 2-4 gram per hari. Dosis tinggi (lebih dari 4 gram per hari) jahe dapat merangsang rahim sehingga penggunaan untuk kehamilan atau menyusui hanya diperbolehkan 1 g per hari saja, meskipun kemungkinan dampak pada janin yang sedang berkembang belum sepenuhnya ditentukan.

 Dosis jahe untuk pengobatan adalah sebagai berikut,


  1. Mual, kembung atau gangguan pencernaan atau sebagai obat asam lambung alami: Beberapa studi telah menggunakan jahe 1 g per hari, dalam dosis terbagi. Mintalah saran dokter Anda untuk membantu menemukan dosis yang tepat untuk Anda.
  2. Muntah karena kehamilan, beberapa studi telah menggunakan 650 mg 1 g per hari. Jangan gunakan jahe tanpa berbicara dengan dokter Anda.
  3. Untuk nyeri arthritis: sebuah studi menggunakan 250 mg 4 kali sehari.
  4. Selain itu, jangan berikan jahe untuk anak-anak di bawah umur 2 thn. Anak-anak berusia lebih dari 2 tahun dapat mengambil manfaat dari jahe untuk mengobati mual, kram perut dan sakit kepala.


Memang dalam kasus masalah penyakit mencegah lebih baik daripada mengobati, cara yang baik untuk mencegah gejala asam lambung terjadi adalah dengan cara tidak telat untuk sarapan dan mengonsumsi makanan yang tepat ketika sarapan, untuk itu Anda juga harus tahu Menu Sarapan Untuk Penderita Asam Lambung agar nyaman ketika beraktifitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Susu Kunyit Untuk Asam Lambung

Tahukah kamu kalau kunyit adalah obat alami untuk tukak lambung? Yup, kandungan kunyit bisa menutup dan menyembuhkan luka dalam lambung. Kar...