Sabtu, 18 Agustus 2018

Gejala Dan Penyebab Lambung Bocor

 Lambung merupakan salah satu organ tubuh yang terletak di sisi kiri perut bagian atas dan termasuk ke dalam sistem pencernaan yang berfungsi untuk menerima makanan dari kerongkongan.Untuk mengolah makanan tersebut, lambung mengeluarkan asam dan enzim yang berguna untuk mencerna makanan. Lambung akan mengaduk makanan tersebut dan mengolahnya agar bisa dicerna oleh tubuh. Perlu Anda ketahui bahwa, segala jenis sesuatu baik itu makanan atau minuman yang masuk dapat menyebabkan kebocoran pada lambung.


Lambung bocor merupakan penyakit komplikasi yang sangat berbahaya. Lambung bocor disebut juga dengan perforasi. Perforasi adalah lubang yang berkembang melalui dinding organ tubuh. Masalah ini dapat terjadi di kerongkongan, usus kecil, usus besar, rektum, dan termasuk pada lambung.

Gejala Lambung Bocor 

1. Sensitivitas Makanan 

Karena serangan racun yang masuk ke dalam aliran darah, sistem kekebalan tubuh orang-orang dengan kemampuan peremajaan usus berada pada produksi massal yang terlalu banyak memproduksi berbagai antibodi, yang dapat membuat tubuh mereka lebih rentan terhadap antigen pada makanan tertentu (terutama gluten dan susu ). Dalam studi yang melibatkan tikus dan anak-anak manusia, alergi usus dan alergi makanan telah dikaitkan. Ini adalah salah satu gejala usus bocor yang paling umum.

2. Penyakit Usus Peradangan

Periset dari Hungaria menemukan pada tahun 2012 bahwa permeabilitas usus yang meningkat sering dilokalisasi ke usus besar pada orang-orang yang menderita sindrom iritasi usus besar dan kolitis ulserativa. Sejauh 1988, para ilmuwan menyarankan bahwa penyakit Crohn mungkin lebih merupakan risiko bagi orang-orang dengan usus yang bocor. Sebuah studi kecil (mengamati 12 pasien) menemukan bahwa suplementasi seng dapat membantu mengatasi disfungsi persimpangan ketat dalam kasus ini, walaupun penelitian lebih lanjut diperlukan dalam skala yang lebih besar untuk mengkonfirmasi hasil ini.

3. Penyakit autoimmune

Kunci untuk memahami bagaimana usus yang bocor dapat menyebabkan penyakit autoimun adalah melalui penelitian yang dilakukan pada protein yang dikenal sebagai ” zonulin .” Menurut sebuah artikel di Journal Fisiologis 2011:

“Zonulin adalah satu-satunya alat modulasi fisiologis dari sambungan ketat intercellular yang digambarkan sejauh ini yang terlibat dalam perdagangan macromolekul dan, oleh karena itu, dalam toleransi / keseimbangan respons imun. Bila jalur zonulin yang disetel dengan baik dideregulasi pada individu yang rentan secara genetik, baik autoimun intestinal dan extraintestinal, inflamasi, dan gangguan neoplastik dapat terjadi. “

Makan gluten bisa memicu riam berbahaya ini. Peneliti Universitas Maryland School of Medicine telah menemukan bahwa gluten “mengaktifkan sinyal zonulin terlepas dari ekspresi genetika autoimunitas, yang menyebabkan peningkatan permeabilitas usus terhadap makromolekul.”

Kabar baiknya adalah, setidaknya sejauh usus bocor berperan dalam kondisi autoimun, ia dapat dipulihkan dan berpotensi meringankan beberapa respons kekebalan yang bermasalah ini.

4. Masalah tiroid

Salah satu penyakit autoimun yang sindrom usus bocor dapat mempengaruhi secara langsung penyakit Hashimoto. Juga dikenal sebagai “tiroiditis kronis,” kelainan ini ditampilkan dengan hipotiroidisme (fungsi tiroid rendah), gangguan metabolisme, kelelahan, depresi , penambahan berat badan dan sejumlah masalah lainnya.

5. Malabsorpsi Gizi

Menurut pengamatan berbagai kekurangan gizi akibat usus yang bocor, termasuk vitamin B12, magnesium dan enzim pencernaan . Kekurangan nutrisi yang umum adalah salah satu alasan mengapa banyak praktisi suplemen herbal fungsional meresepkan multivitamin makanan utuh selain probiotik untuk orang yang menderita masalah usus bocor.

6. Kondisi Kulit Peradangan

Pertama kali dijelaskan lebih dari 70 tahun yang lalu, teori koneksi usus-usus telah menjelaskan bagaimana kemampuan peremajaan usus dapat menyebabkan banyak kondisi kulit, terutama jerawat dan psoriasis. Krim dengan daftar efek samping (kadang-kadang berbahaya) yang tak ada habisnya sering diresepkan untuk kelainan kulit ini, namun telah ada bukti selama beberapa dekade bahwa sebagian akar penyebabnya mungkin ada di usus.

7. Isu Mood dan Autisme

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Neuroendocrinology Letters , usus yang bocor telah terbukti menyebabkan berbagai gangguan neurokognitif. Misalnya, karakteristik respons inflamasi dari hyperpermeability usus memicu pelepasan sitokin pro-inflamasi dan bahan kimia lainnya yang diperkirakan menyebabkan depresi .

Penyebab Lambung Bocor

Lambung bocor juga bisa disebabkan oleh trauma benda tumpul pada perut, menjalani operasi perut, menelan benda asing atau zat kaustik. Berikut ini beberapa penyebab lambung bocor diantaranya:


  • Penyakit Crohn

Penyakit crohn atau radang usus merupakan kondisi berkelanjutan yang mana peradangan tersebut mampu menyebar pada seluruh lapisan sistem pencernaan termasuk lambung. Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini seperti diare, sakit perut, kelelahan dan buang air besar disertai darah.


  • Kanker Lambung

Salah satu kanker yang sering terjadi adalah kanker lambung. Penyebab kanker lambung belum diketahui secara pasti, namun beberapa orang percaya bahwa kanker lambung disebabkan oleh infeksi bakteri yang juga dapat menyebabkan infeksi saluran pencernaan.


  • Tukak Lambung

Tukak lambung atau luka yang muncul pada dinding lambung yang disebabkan oleh tergoresnya lapisan dinding lambung yang lama-kelamaan menipis dan menyebabkan lambung bocor. Jika tukak lambung tersebut sudah memasuki tahap parah akan menimbulkan rasa sakit pada lambung yang luar biasa bahkan terjadi pendarahan.


  • Trauma Benda Tumpul

Pernah terkena luka tusuk atau luka tembakan dapat menyebabkan lambung bocor. Trauma tersebut dapat berasal dari kecelakaan kendaraan bermotor dan juga dapat menyebabkan kematian apabila tidak segera ditangani.


  • Operasi Perut

Seseorang yang pernah melakukan operasi perut seperti operasi lambung seperti proses laparoskopi gastrektomi lengan bagi orang yang menderita obesitas mampu meningkatkan resiko terkena lambung bocor.

Makanan Pemicu Lambung Bocor


  1. Makanan yang banyak mengandung gas (seperti lemak, sawi, kol, nagka, pisang ambon, kedongdong, buah yang dikeringkan dan minuman yang bersoda).
  2. Makanan yang merangsang produksi asam lambung seperti kopi, alkohol, anggur putih dan sari buah sitrus.
  3. Makanan yang sulit dicerna seperti makanan berlemak, kue tart, dan keju.
  4. Gorengan, coklat, makanan pedas, makanan tinggi lemak dan cuka.
  5. Hindari juga beberapa sumber karbohidrat seperti beras ketan, mie, bihun serta dodol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Resep Susu Kunyit Untuk Asam Lambung

Tahukah kamu kalau kunyit adalah obat alami untuk tukak lambung? Yup, kandungan kunyit bisa menutup dan menyembuhkan luka dalam lambung. Kar...